Kelola Sampah, Pemkot Jemput Bola


MATARAM--Pemerintah Kota (Pemkot ) Mataram akan melakukan terobosan terkait dengan pengelolaan sampah yang ada di wilayah kota Mataram. 

Pemkot Mataram membuat sebuah pilot project yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kebersihan, untuk melakukan ‘jemput bola’ terhadap sampah rumah tangga masyrakat. 

 Jemput bola itu, dilakukan dengan menyediakan kontainer khusus yang berkeliling pada jam tertentu yang dilengkapi dengan fasilitas pengeras suara. Petugas, kemudian akan menginformasikan kepada masyrakat untuk membuang sampah di kontainer khusus yang telah disediakan. 

Dengan demikian, diharapkan tidak akan ada lagi masyrakat yang membuang sampah sembarang tempat. Apalagi membuang sampah ke sungai yang bisa menyebabkan terjadinya pendangkalan sungai dan tersumbatnya saluran air. Pilot Project ini, sementara akan dilakukan untuk satu kecamatan khusus untuk masyrakat yang tinggal didekat aliran sungai. 


 Demikian dikatakan Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana, kepada MataramNews, di Kantor Walikota Mataram, Senin (12/9/2011), Menanggapi masih banyaknya warga yang membuang sampah di aliran sungai. 


 “Sampah di kali, sudah ada program yang sedang di uji coba saat ini di satu kecamatan. Jadi petugas kebersihan yang datang menjemput ke maing-masing lingkungan pada jam tertentu. Mereka akan dilengkapi dengan pengeras suara. Jadi masyrakat tinggal menaruh sampahnya di kontainer yang telah disediakan,” ujarnya. 


 Disamping itu, Pemkot Mataram dengan pasukan kuning dan tenaga lepas dari Dinas PU serta Pertamanan secara rutin membersihkan kota Mataram. Tidak itu saja, Pemkot Mataram melakukan normalisasi pada sungai yang ada dengan melakukan pengerukan menggunakan alat berat khususnya pada beberapa bagian sungai tempat terjadinya pendangkalan. 

Belum ada Komentar untuk "Kelola Sampah, Pemkot Jemput Bola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel