BPS Kembali Akan Lakukan PPLS 2011

MATARAM, – Juli 2011 ini, Badan Pusat Statistik (BPS) kembali akan melaksanakan kegiatan Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) yang dimaksudkan untuk mendapatkan jumlah masyarakat miskin dengan kondisi sosial ekonomi terbawah secara nasional.

 Demikian dikatakan, Sekretaris Bappeda Kota Mataram Lalu Martawang, kepada MataramNews, di kantor Walikota Mataram, Kamis (30/6/2011). 

 Menurutnya, kegiatan pendataan akan dilakukan pada bulan Juli 2011 dengan melibatkan ratusan petugas BPS. PPLS, pertama kali dilaksanakan oleh BPS pada tahun 2008. Pada saat itu, PPLS bertujuan untuk melakukan pemutakhiran basis data Rumah Tangga Sasaran Bantuan Langsung Tunai (RTSBLT). Data itu, telah digunakan oleh pemerintah untuk berbagai program perlindungan sosial, seperti Jamainan Kesehatan Masyarakat ( JamKesMas), Program Keluarga Harapan (PKH), Beras untuk Orang Miskin (Raskin), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dan lainnya. 


 Meskipun kegiatan pendataan telah dilakukan dengan sangat profesional, namun masih ada selisih angka antara data BPS dan data yang dipegang oleh pemerintah Kota Mataram. Perbedaan ini menyebabkan banyak masyarakat yang tidak terakomodir dalam berbagai program pemerintah pusat terkait dengan program perlindungan sosial. 

 Contohnya adalah pada kasus penerima Jamkesmas, dimana banyak warga tidak mampu tidak mendapatkan kartu tersebut sehingga pemerintah daerah harus mengeluarkan Jamkesda untuk mengakomodir masyarakat yang tercantum di data pusat. Martawang berharap dalam pendataan ini BPS akan berkoordinasi dengan pemerintah Kota Mataram, sehingga tidak terulang adanya mis interprestasi mengenai jumlah data masyarakat miskin. 

Belum ada Komentar untuk "BPS Kembali Akan Lakukan PPLS 2011"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel